Cara Membersihkan Granit Dapur dari berbagai Jenis Noda - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

Cara Membersihkan Granit Dapur dari berbagai Jenis Noda

Cara membersihkan granit dapur perlu diketahui, mengingat dapur adalah tempat yang cenderung berisiko untuk memberikan noda, seperti noda bekas makanan, noda tumpahan minuman, atau noda dari proses pengolahan makanan. Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membersihkan Granit Dapur dan Jenis-jenis Noda Dapur
Granit adalah bahan yang biasa digunakan juga sebagai pelapis meja dapur. Tampilan granit yang mewah menjadi alasan bagi kebanyakan orang untuk menempatkan granit di area dapur. Namun, granit memiliki kelemahan jika digunakan sebagai bahan pelapis meja dapur, yaitu karena sifat menyerap air. Sifat ini akan membuat granit mudah menyerap noda-noda dapur yang biasanya berlemak atau berwarna.
Noda dapur yang tidak dibersihkan dengan sempurna kemungkinan besar akan menyebabkan bekas atau flek jika tidak dibersihkan atau jika dibersihkan dengan cara yang salah. Oleh karena itu perlu diketahui tips dan cara membersihkan meja granit dapur agar risiko bercak dan flek bisa dikurangi.
· Selalu bersihkan meja granit dari debu secara rutin. Pembersihan dapur secara rutin akan mengurangi risiko granit tergores karena debu atau kotoran lainnya. Gunakan kain mikrofiber yang berserat lembut agar meja granit di dapur tidak tergores. Pembersihan granit di dapur bisa juga dilakukan dengan menggunakan kain mikrofiber yang lembab oleh sedikit air untuk membersihkan debu dan kotoran lain pada meja granit.
·   Cara membersihkan granit dapur agar mengkilap bisa dilakukan dengan membersihkan meja dapur dengan cara yang sama seperti saat mengepel lantai granit. Gunakan cairan khusus pembersih granit yang bisa dibeli di pasaran atau di toko bangunan. Gunakan produk pembersih yang berkualitas baik agar permukaan granit selalu terjaga kualitasnya. Selalu hindari penggunaan larutan asam untuk membersihkan granit karena bahan-bahan dengan pH tinggi akan membuat kilap pada granit terkikis perlahan-lahan.
·   Cara membersihkan granit dengan cairan khusus juga harus tepat dan sesuai dengan aturan. Jangan terlalu berlebihan dalam mengaplikasikan cairan pembersih khusus granit. Semprotkan saja cairan pembersih secukupnya untuk membersihkan meja granit pada dapur. Kemudian usap dengan usapan yang lembut hingga granit kembali bersih dan mengkilap.
·   Untuk noda yang sulit dihilangkan, gunakan cairan kimia khusus dan gunakan secara bijak dan tepat. Selalu baca aturan penggunaan bahan kimia sebelum menggunakannya untuk meminimalkan risiko yang lebih parah.
·   Jika perlu, gunakan jasa ahli granit untuk membersihkan granit dari noda yang sangat membandel. Hal ini lebih aman daripada membersihkan sendiri noda tanpa panduan yang jelas yang malah akan merusak permukaan granit dapur tersebut.
Jenis noda yang bisa mengenai granit di dapur ada beragam. Tentu saja setiap noda memiliki karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, perlakuan terhadap setiap jenis noda pada permukaan granit juga berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut ini ada beberapa jenis noda dapur yang harus dihindari dari permukaan granit beserta cara yang tepat untuk membersihkannya.
·    Noda teh, kopi, dan minuman berwarna lainnya
Minuman seperti teh, kopi, sirup, atau minuman berwarna lainnya adalah jenis noda yang harus segera dihilangkan jika mengenai permukaan granit di dapur. Cara menghilangkan noda tumpahan minuman ini adalah dengan mengaplikasikan bahan hidrogen peroksida atau bahan amonia pada permukaan yang bernoda. Lap secara lembut hingga noda terangkat. Jika sudah, keringkan dengan kain kering. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencampur hidrogen peroksida dengan amonia, karena akan menciptakan racun. Pilih saja salah satu dari keduanya, dan selalu baca kontra indikasi bahan sebelum menggunakannya.
·     Noda tinta
Noda tinta bisa saja hadir di dapur granit. Misalnya saat menulis resep makanan di dapur, lalu pena yang digunakan menciptakan noda tinta pada meja dapur granit. Cara untuk menghilangkan noda bekas tinta dari permukaan granit adalah dengan menggunakan aseton atau alkohol pembersih cat kuku. Aseton ini bekerja baik untuk membersihkan tinta. Cara membersihkan granit dapur dari noda tinta adalah dengan mengaplikasikannya pada pemukaan granit yang bernoda, lalu keringkan dengan kertas dan jangan digosok atau diusap.
·     Noda minyak atau lemak makanan
Minyak atau lemak makanan adalah noda yang umum ditemui di dapur. Noda ini bisa terjadi selama proses pengolahan makanan atau ketika ada bekas makanan berlemak yang tidak sengaja tumpah. Cara membersihkan noda granit dari minyak adalah dengan menggunakan larutan khusus yang dibuat dari tepung dan hidrogen peroksida. Aplikasikan larutan yang terbentuk itu pada permukaan granit yang bernoda, tutup dengan plastik, lalu diamkan selama kurang lebih 8 jam. Angkat plastik lalu usap permukaan dengan kayu untuk menghindari goresan.

Demikianlah cara membersihkan granit dapur dari noda serta jenis noda dan cara membersihkannya yang bisa dilakukan dengan tepat.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Popular Posts

Kontak kami