Manfaat Marmer bagi Manusia Di Berbagai Aspek Kehidupan - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

Manfaat Marmer bagi Manusia Di Berbagai Aspek Kehidupan

Manfaat marmer bagi manusia ternyata ada banyak sekali yang belum diketahui oleh banyak orang. Marmer merupakan batuan alam yang terbuat dari proses pengkristalan oleh pelunakan kapur yang disebabkan dari panas serta tekanan sehingga membuat kandungan mineral pada batuan tersebut menjadi berubah. Dalam marmer terkandung dolomit serta kalsium yang menjadi komposisi utamanya. Seperti diketahui marmer memiliki berbagai macam warna dan semuanya tergantung dari komposisi mineral yang terkandung pada batuan tersebut. Dan seiring dengan perkembangan jaman, banyak orang yang memanfaat batuan marmer ini untuk berbagai aspek di kehidupan manusia.
Manfaat marmer bagi manusia dalam kehidupannya
Batuan marmer ini memang sangat unik karena terdapat banyak manfaat marmer dalam kehidupan sehari-hari manusia yang mungkin tidak Anda ketahui. Berikut adalah beberapa manfaat bahan marmer tersebut:
1.      Sebagai bahan bangunan
Manfaat ini mungkin merupakan manfaat yang paling umum dan sudah diketahui oleh banyak orang. Bahkan mungkin sudah banyak diantara Anda yang memanfaatkan bahan marmer sebagai bahan dekorasi rumah ataupun sebagai salah satu bahan struktural rumah itu sendiri. Karena sifatnya yang tahan lama manusia sering menggunakan bahan ini sebagai bahan untuk membangun rumah sejak zaman dahulu. Bahkan karena keindahan tampilannya sekarang banyak yang menggunakan bahan marmer untuk mendekorasi rumahnya baik itu sebagai bahan pelapis dinding serta lantai baik untuk interior maupun untuk exterior rumah.
2.      Bahan kerajinan dan arsitektur
Karena rupanya yang sangat cantik, bahan marmer sudah sejak lama digunakan untuk membuat berbagai kerajinan seperti furniture, perapian, jendela, dan lain sebagainya. Mengenal batu marmer, bahan ini memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga cat akan dengan mudah diserapnya. Bahkan karena sifatnya yang lunak dan tembus cahaya, marmer sering digunakan sebagai bahan untuk membuat patung. Meskipun terbuat dari batuan alam, namun marmer sangat mudah dipahat karena itulah sejak zaman Yunani bahan ini sering digunakan sebagai bahan membuat patung seperti patung dewa Artemis yang terkenal.
3.      Untuk pupuk tanaman
Saat dipanaskan maka kandungan karbondioksida dalam bahan marmer akan menghilang sehingga tersisa kalsiumdioksidanya saja atau lebih dikenal dengan nama zat kapur. Zat kapur ini sangat bermanfaat bagi pertanian karena dapat mengurangi kadar asam tanah. Karena itulah bahan marmer yang sudah dipanaskan sering dicampurkan dengan pupuk untuk meningkatkan keefektifannya.
4.      Untuk pewarna
Marmer murni yang memiliki warna putih sering digunakan sebagai bahan pembuatan kapur sirih. Sebuk kapur sirih ini nantinya digunakan sebagai pigmen untuk pewarna atau pencerah pada berbagai barang seperti kertas, cat, dan lain sebagainya.
5.      Untuk nisan
Karena tampilannya yang sangat menarik serta ketahanan batuannya yang cukup kuat membuatnya sesuai sebagai bahan untuk nisan. Selain itu karena ciri-ciri batu marmer yang cukup lembut batuan marmer juga cukup mudah untuk dipahat untuk dibentuk serta diukir sesuai nisan yang diinginkan. Selain hasilnya terlihat cantik namun marmer juga tahan terhadap cuaca sehingga hasilnya akan bertahan lama dan membuatnya cocok untuk digunakan sebagai nisan yang diletakkan di luar ruangan.
6.      Penetral asam
Bahan marmer memiliki kandungan kalsium karbonat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai penetral asam. Terlebih jika bahan marmer tersebut sangat murni maka bentuknya akan hancur dan berubah jadi bubuk. Bahkan hal ini sering dilakukan secara sengaja melalui proses khusus untuk menghilangkan kotoran yang ada pada bahan marmer dan memurnikannya. Kemudian marmer murni tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk membuat obat seperti Alka-Seltzer serta Tums. Kedua obat tersebut berfungsi untuk mengatasi gangguan pada pencernaan yang disebabkan oleh kelebihan kandungan zat asam pada tubuh. Selain itu bahan marmer yang sudah hancur juga sering sekali digunakan untuk mengurangi kadar asam pada sungai, tanah maupun sebagai bahan penetral asam di industri kimia.
7.      Penambah kalsium pada pakan ternak
Beberapa hewan ternak seperti ayam dan sapi memerlukan kalsium agar dapat menghasilkan telur dan susu. Para peternak akan menambahkan bahan kalsium pada makanan yang mereka berikan pada ternak tersebut. Dan proses penambangan marmer murni akan menghasilkan bahan kapur bubuk yang juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat suplemen tersebut. Karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi, kemudahannya untuk larut serta teksturnya yang cukup lembut membuatnya sangat mudah dicerna oleh hewan ternak.
8.      Bahan alat terapi
Karena mudah dibentuk bahan marmer dapat dipahat untuk dijadikan alat terapi pada berbagai bagian tubuh terutama jika dipadukan dengan batuan panas dapat berfungsi sebagai dekongestan.
9.      Bahan pembersih
Karena cukup lembut maka bahan marmer dapat digunakan sebagai alat membersihkan karena tidak akan menggores permukaan yang dibersihkan.
Demikianlah berbagai manfaat marmer bagi manusia yang bisa juga digunakan pada kehidupan sehari-hari dalam berbagai aspek yang ada.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Popular Posts

Kontak kami