7 Manfaat Batu Granit Bagi Kehidupan Manusia - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

7 Manfaat Batu Granit Bagi Kehidupan Manusia

7 manfaat batu granit bagi kehidupan manusia ternyata bukan hanya untuk bidang konstruksi bangunan saja, melainkan ada banyak bidang yang mungkin jarang diketahui. Hal ini berkaitan dengan karakteristik granit yang merupakan batuan beku yang memiliki daya kuat yang tinggi. Mineral dalam granit adalah feldspar alkali dan plagioklas feldspar. Kedua mineral tersebut menghasilkan warna dan corak pada granit.

Ini Dia 7 Manfaat Batu Granit Bagi Kehidupan Manusia
Granit memiliki kepadatan rata-rata antara 2,65 sampai 2,75 gram per centimeter kubik, tergantung dari kualitasnya. Kepadatan ini akan memberikan kekuatan yang lebih tahan lama. Selain itu, senyawa dalam granit yang padat juga menjadikannya lebih tahan terhadap air, kelembaban, dan goresan. Karakteristik itulah yang membuat granit bisa dimanfaatkan di banyak bidang dalam kehidupan manusia. Adapun kegunaan batu granit bagi kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:
1.      Bahan dasar konstruksi dan arsitektur eksterior
Manfaat granit yang sering dijumpai adalah kegunaannya pada bidang konstruksi dan arsitektur eksterior. Granit sering dijadikan bahan estetika di luar rumah karena memang bisa memberikan kesan elegan dan mewah. Biasanya di rumah tinggal, granit dijadikan pelapis dinding untuk penghias rumah. Di bidang konstruksi dalam skala yang lebih besar, penggunaan granit juga biasa ditemui pada proyek-proyek gedung, monumen, ataupun jembatan. Hingga saat ini, granit masih menjadi batuan yang digunakan pada bidang konstruksi. Hal ini berkaitan dengan keunggulan granit, baik dari segi fisik maupun dari segi estetika.
2.      Bahan dasar konstruksi dan arsitektur interior
Granit yang memiliki banyak motif dan warna seringkali juga digunakan sebagai bahan estetika atau bahan pelapis di dalam rumah, entah itu untuk bagian lantai, meja dapur, atau dinding. Selain itu ada juga beberapa aksen perabot yang bisa dibuat dari batuan granit seperti bagian kotak wastafel, kotak perapian, atau bagian anak tangga. Walau memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik lantai Granit atau batuan lainnya, penggunaan granit masih stabil. Hal ini karena granit bisa memberikan kesan mewah dan juga dingin pada ruangan.
3.      Bahan dasar paving
Siapa sangka paving jalan juga ada yang dibuat dengan campuran granit. Di masa lalu, manfaat batu granit untuk sehari-hari sering dijadikan bahan pembuatan paving jalan. Hal ini dikarenakan warna dan kekuatan granit yang cocok untuk lingkungan luar. Paving yang berwarna warni di masa lalu biasanya menggunakan bahan campuran granit. Namun keberadaan paving yang dibuat dengan bahan campuran granit saat ini sudah mulai ditinggalkan, dan diganti dengan paving berbahan beton dan aspal. Hal ini berkaitan dengan harga granit yang terus bertambah mahal dari masa ke masa.
4.      Bahan batu nisan
Batuan alam yang tahan lama ini juga biasanya digunakan sebagai bahan batu nisan. Negara yang sering membuat batu nisan dari bahan granit adalah Amerika Serikat, dari dahulu hingga saat ini. Batu granit yang kuat dan lebih tahan terhadap kelembaban akan lebih aman untuk diletakkan di luar ruangan. Selain itu, granit juga bisa diukir. Karakteristik inilah yang dimanfaatkan dari batuan granit untuk bahan batu nisan.
5.      Bahan batu perhiasan
Selain untuk bidang konstruksi, granit juga biasanya dimanfaatkan untuk bahan dasar perhiasan. Hal ini dilakukan karena dalam granit ada sebuah kandungan yang berwarna biru terang. Kandungan itu adalah bola azurite biru. Bola ini akan memberikan kesan berkilau seperti kristal dan permata. Negara Amerika Serikat adalah negara penghasil perhiasan dari granit yang cukup populer di pasaran.
6.      Bahan pembuatan seni pahat dan ukir
Manfaat batuan granit selanjutnya adalah pada bidang seni, yaitu sebagai bahan pembuatan seni pahat dan ukir seperti patung dan seni rupa lainnya. Hal ini berkaitan dengan sejarah dunia yang cukup terkenal. Granit ternyata digunakan dalam pembangunan piramida di Mesir pada zaman Mesir Kuno. Selain itu, batuan granit juga dijadikan bahan untuk membuat kolom-kolom, struktur, dan patung lainnya pada masa itu. Granit memang memiliki karakteristik yang sesuai dengan bahan seni rupa. Granit bukan hanya terlihat mewah untuk bahan patung, namun juga memiliki daya tahan dan kekuatan yang tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan patung atau monumen dalam skala besar.
7.      Media untuk panjat tebing
Pegunungan atau tebing-tebing yang terbentuk secara alami dari batu granit ternyata sering digunakan sebagai media untuk melakukan olahraga panjat tebing. Beberapa tebing seperti tebing di pegunungan Alpen Barat, pegunungan Karakoram Perancis, pegunungan California Ysernite, atau pegunungan Corsica merupakan bagian alam yang terbentuk dari granit alami yang sering digunakan untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut.

Itulah 7 manfaat batu granit bagi kehidupan manusia yang mungkin Anda belum pernah tahu.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Popular Posts

Kontak kami