Cara Memasang Marmer Pada Kitchen Set untuk Mempercantik Dapur - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

Cara Memasang Marmer Pada Kitchen Set untuk Mempercantik Dapur

Cara memasang marmer pada kitchen set dengan benar diperlukan jika Anda ingin menambah keindahan kitchen set dengan lapisan marmer untuk permukaannya. Adanya bahan marmer akan membuat dapur menjadi terlihat lebih mewah dan cantik. Dan jika Anda tidak ingin memberi renovasi besar-besaran pada dapur, cukup dengan memasang marmer pada kitchen set yang sudah tersedia di dapur akan membuatnya terlihat baru dengan renovasi yang sedikit. Bahan marmer juga termasuk bahan yang kuat sehingga dapat tahan lama jika digunakan sebagai bahan pelapis permukaan kitchen set. Namun alangkah baiknya jika pemasangannya dilakukan dengan benar untuk menghindari kesalahan.
Langkah dan cara memasang marmer pada kitchen set
1.      Pemilihan marmer
Marmer untuk permukaan kitchen set sendiri sengaja dibuat berukuran sangat besar sehingga tidak diperlukan penyambungan marmer. Namun tentunya marmer dengan ukuran yang besar ini juga memiliki harga yang lebih mahal. Jika Anda ingin menghemat sedikit biaya maka dapat juga menggunakan ubin marmer sebagai alternatifnya.
2.      Mengukur dan mengambar lubang yang ada di kitchen set
Setiap kitchen set pasti memiliki beberapa lubang untuk wastafel, ataupun kompor tanam. Karena itulah Anda harus mengukur kitchen set tersebut serta menggambar ukuran lubang yang ada di kitchen set. Pastikan ukuran benar-benar tepat sehingga tidak mengganggu cara pemasangan marmer
Jika perlu gunakan kertas semen berukuran besar kemudian buat lubang di kertas tersebut sesuai dengan lubang yang ada di kitchen set. Gunakan kertas ini sebagai template. Biasanya permukaan marmer berukuran lebih besar dari permukaan meja sehingga tepian marmer akan menonjol sedikit keluar dari tepi meja, karena itu buatlah sedikit lebihan pada kertas template sehingga ukurannya sedikit lebih besar dari kitchen setnya.
3.      Pemotongan marmer
Setelah mengetahui ukuran marmer yang dibutuhkan sekarang saatnya untuk melakukan pemotongan marmer sesuai dengan ukuran kitchen set. Yang terseulit adalah membuat lubang yang ada di kitchen set. Karena itulah diperlukan kertas yang digunakan sebagai template tadi untuk bantuan dalam memotongnya. Jika Anda ragu-ragu dan tidak dapat memotong dengan benar, lebih baik membeli marmer yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran yang Anda berikan.
4.      Cocokan marmer
Setelah selesai dipotong cobalah untuk mencocokkan marmer yang sudah dipasang tersebut dengan kitchen setnya. Taruh marmer di atas permukaan kitchen set untuk memastikan ukurannya sudah pas dan semua lubang juga sudah sesuai. Jika semua ukuran sudah pas, turunkan marmer dari atas permukaan kitchen set namun jika belum, ukur sekali lagi dan betulkan lubangnya sampai pas. Jangan lupa untuk memastikan kerataan marmer yang digunakan sebelum melakukan cara pemasangan marmer sistem basah.
5.      Buat dan oleskan cairan perekat
Setelah dipastikan semua ukuran serta lubangnya pas sekarang saatnya dilakukan pemasangan ke kitchen set. Siapkan cairan perekat marmer yang sesuai untuk bahan yang digunakan. Kemudian oleskan cairan perekat tersebut ke atas permukaan kitchen set dengan rata menggunakan roskam bertakik. Pastikan olesan tersebut cukup tebal sehingga ujung lubang yang dibuat oleh takik tidak menyentuh permukaan kitchen set.
6.      Pasang marmer
Langkah ini benar-benar tidak boleh salah dilakukan karena akan sangat merepotkan jika harus mengulangnya lagi. Pasangkan marmer ke permukaan kitchen set pastikan Anda menaruhnya dengan posisi yang tepat dan hindari menggeser-geser marmer karena akan merusak cairan perekat yang dipasang tadi.
7.      Beri isolasi
Lihat ada celah kecil diantara marmer dengan semua lubang yang ada di kitchen set Anda. Karena itulah celah tersebut harus ditutup, namun sebelumnya Anda juga harus melindungi semua barang yang ada di lubang tersebut seperti wastafel atau kompor tanam. Caranya adalah dengan melapisi bagian pinggir marmer yang bersentuhan dengan semua lubang yang ada dengan isolasi untuk pekerja (biasanya berwarna biru) serta lapisi juga bagian dalam lubangnya seperti pada wastafel atau kompor tanam.
8.      Gunakan resin
Untuk melapisi celah kecil diantara marmer dengan semua lubang yang ada di kitchen set tersebut Anda dapat menggunakan campuran resin. Pastikan campuran resin memiliki warna yang sama dengan warna marmer tersebut agar hasilnya terlihat lebih cantik. Kemudian lapisi selah semua kecil yang ada dengan resin tersebut. Langsung copot isolasi pelindung yang berwarna biru segera setelah Anda melapisi resinnya. Jangan menunggu kering karena isolasi nanti tidak dapat dicopot.
9.      Haluskan dan beri finishing
Setelah proses pemasangan marmer selesai, sekarang Anda dapat menghaluskan resin yang digunakan untuk mengisi celah kecil diantara marmer dengan semua lubang yang ada di kitchen set. Hati-hati jangan sampai menggores marmer saat menghaluskan resinnya. Agar tahan lama, berikan juga finishing pada marmer yang membuatnya tahan terhadap noda.

Cara memasang marmer pada kitchen set memang gampang-gampang sulit karena harus dilakukan pemotongan marmernya.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Hubungi Kami