Jenis Lantai Rumah yang Bagus Menyejukan Suasana Ruangan - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

Jenis Lantai Rumah yang Bagus Menyejukan Suasana Ruangan

Jenis lantai rumah yang bagus menyejukan sangat banyak dan bisa diaplikasikan di dalam rumah maupun di luar rumah. Rumah-rumah tropis seperti Indonesia tentu perlu mengaplikasikan material yang dingin di lantai untuk menciptakan suasana yang lebih sejuk. Lalu, apa saja jenis lantai rumah yang bagus dan menyejukkan?
Jenis Lantai Rumah yang Bagus Menyejukan beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Macam-macam lantai rumah berikut ini bisa diaplikasikan di rumah untuk memberikan kesan sejuk, antara lain sebagai berikut.
1.      Lantai granit
Lantai granit adalah jenis lantai dari batuan yang memiliki motif alami dan natural. Granit ini terbentuk secara natural di alam dan merupakan batuan peralihan. Granit secara fisik memang mirip dengan marmer, namun karakteristik granit berbeda dengan marmer. Hal itu jugalah yang menyebabkan harga granit berbeda dengan marmer. Namun granit dan marmer sama-sama bisa memberikan kesejukan di rumah.
Kelebihan lantai granit adalah memiliki daya serap yang kecil sehingga penyerapan noda tidak akan terlalu menimbulkan bekas. Selain itu granit memiliki kekuatan yang baik, anti gores, tidak mudah pecah, dan juga mudah dibersihkan. Kekurangan granit adalah harganya yang cukup mahal namun memiliki varian motif dan warna yang terbatas. Selain itu, dibutuhkan perawatan yang tepat untuk penggunaan granit.
2.      Lantai kayu
Lantai kayu atau lantai parket adalah jenis lantai yang juga akan menyejukkan. Lantai ini akan cocok diterapkan pada rumah-rumah yang berkesan natural dan unik. Namun, rumah-rumah modern juga cocok menerapkan lantai kayu ini. Lantai kayu dijual di pasaran dalam dua bentuk, yaitu persegi panjang dan lempengan persegi. Berbeda dengan lantai lain, lantai kayu dipasang dengan menggunakan lem kayu, bukan semen dan acian.
Kelebihan lantai kayu adalah bisa memberikan efek isolasi, yaitu menyerap panas saat siang hari dan mengeluarkan kehangatan saat malam hari. Selain itu, kayu akan memberikan kesan unik tersendiri pada rumah. Kekurangan lantai kayu adalah harganya yang terbilang cukup mahal. Selain itu, proses pemasangannya juga cukup rumit.
3.      Lantai keramik
Lantai keramik adalah jenis lantai yang umum ditemui di Indonesia. Keramik memiliki dua lapisan. Yang pertama, lapisan keramik utama. Yang kedua, lapisan glasur yang membentuk warna dan juga tekstur dari keramik itu sendiri. Keramik sangat mudah ditemui dan terdiri dari banyak varian warna dan ukuran. Keramik terbuat dari tanah liat yang dipanaskan, dan memiliki kandungan zat yang bersifat isolator. Sifat sejuk dibawa keramik dari sifatnya yang tidak akan meneruskan panas.
Kelebihan lantai keramik adalah harganya yang relatif murah, memiliki banyak pilihan warna dan motif dengan berbagai pilihan ukuran, cocok digunakan di semua ruangan, dan juga mudah didapatkan. Kekurangan lantai keramik adalah mudah pecah dan sering ada cacat fisik pada keramik.
4.      Lantai marmer
Lantai marmer adalah jenis lantai dingin dan menyejukkan yang juga banyak disukai dan digunakan di rumah. Karakter dan motif marmer yang khas dan alami juga mengesankan kemewahan. Marmer adalah batuan alami peralihan yang terbentuk secara natural di masa lalu dari lapisan kapur yang terfosil dan terkristal.
Kelebihan lantai marmer adalah memiliki sifat menyejukkan, mudah dipotong, tahan panas, dan juga memiliki kekuatan yang tinggi. Kekurangan lantai marmer adalah harganya yang sangat mahal, mudah tergores, dan juga mudah menyerap noda dan air sehingga menimbulkan bercak.
5.      Lantai tegel
Tegel adalah jenis bahan penutup lantai yang berasal dari campuran pasir dan semen yang dipoles atau diwarnai. Tegel populer di zaman dahulu. Di zaman sekarang, tegel juga masih digunakan, terutama untuk rumah-rumah pedesaan, atau rumah-rumah dengan konsep kuno dan teduh.
Kelebihan lantai tegel adalah tersedia dalam berbagai ukuran, memiliki tekstur yang khas, memberikan kesan yang jauh lebih dingin jika dibanding keramik. Kekurangan lantai tegel adalah berbahan berat, pemasangan yang kurang praktis, tidak memiliki varian warna yang banyak, dan akan berbekas jika telah terkena noda asam atau bekas makanan.
6.      Lantai teraso
Lantai teraso adalah lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir dan ada tambahan batu-batuan di atasnya sebagai penghias. Walau mirip dengan lantai tegel, namun lantai teraso ini berbeda dengan lantai tegel.  Lantai teraso ini juga sering digunakan pada rumah-rumah di zaman dahulu. Di zaman sekarang, teraso cocok untuk rumah berkesan kuno atau jadul. Beberapa kamar mandi di juga ada yang menggunakan teraso sebagai bahan penutupnya.

Kelebihan lantai teraso adalah tahan gores, lebih tahan lama, dan memiliki warna-warna yang menarik. Kekurangannya adalah cara pemasangannya yang cukup rumit dan membutuhkan pemolesan lagi untuk menambah kilap.

Itulah jenis lantai rumah yang bagus menyejukan beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Hubungi Kami