Pelajari Keunggulan Rumah Menggunakan Batu Marmer untuk Lantai - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

Pelajari Keunggulan Rumah Menggunakan Batu Marmer untuk Lantai

Keunggulan rumah menggunakan batu marmer untuk lantai sangat banyak, terutama dari segi tampilan dan sifat marmer yang bisa menyerap panas. Tentu saja marmer yang digunakan sebagai bahan penutup lantai di rumah akan memberikan kesan yang mewah dan juga berkelas. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.
Apa Saja Keunggulan Rumah Menggunakan Batu Marmer untuk Lantai?
Marmer adalah batuan bertekstur halus yang banyak digunakan atau dijadikan sebagai bahan penutup lantai. Adapun kelebihan rumah menggunakan batu marmer untuk lantai adalah sebagai berikut.
1.      Memberikan motif alami yang eksotik
Marmer adalah batuan alami yang terbentuk di masa lalu dengan cara natural. Kandungan kalsit di dalam marmer yang terpadu dengan kandungan alami lainnya menciptakan warna dan motif marmer yang khas. Tentu saja motif yang ada pada batu marmer terbentuk secara alami. Motif alami itu akan memberikan kesan yang eksotik dan natural pada lantai rumah. Pilihan motif dan corak pada marmer juga beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Motif yang bercorak pada marmer akan menciptakan suasana nyaman dan berkelas di dalam rumah.
2.      Menampilkan kesan mewah
Keuntungan rumah menggunakan batu marmer untuk lantai yang paling terlihat adalah dari tampilan fisik marmer yang memang merupakan bahan batuan mahal. Sudah tidak diragukan lagi jika marmer memang merupakan material mahal yang akan memberikan kesan mewah. Itulah mengapa marmer biasanya digunakan sebagai bahan pelapis rumah untuk keluarga menengah ke atas.
3.      Menyerap panas
Kelebihan batu marmer yang juga sering dirasakan secara langsung adalah karena karakteristiknya yang bisa menyerap panas. Marmer yang digunakan sebagai bahan pelapis lantai akan memberikan kesan sejuk dan dingin di dalam rumah. Marmer cocok diterapkan di rumah-rumah dengan iklim tropis atau panas seperti Indonesia.
4.      Perawatan yang mudah
Walau bahan pembersih marmer tidak sama dengan bahan pembersih keramik biasa, proses perawatan marmer terbilang cukup praktis. Hanya saja perawatan terhadap lantai marmer memang perlu dilakukan dengan bahan-bahan dan peralatan yang sebisa mungkin tidak akan menciptakan goresan berlebihan dan noda yang menyerap sehingga menimbulkan bercak.
5.      Tidak mudah tergores
Beberapa jenis marmer memang ada yang tidak tahan terhadap goresan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan ekstra. Namun beberapa jenis marmer yang berkualitas tinggi memiliki pori-pori yang lebih rapat dan kepadatan yang lebih tinggi. Marmer berkualitas tinggi akan lebih aman dari goresan. Namun, goresan dari benda-benda tajam tetap harus diminimalisir.
Kekurangan Rumah Menggunakan Batu Marmer untuk Lantai
Selain kelebihan, menjadikan marmer sebagai bahan penutup lantai di rumah juga memiliki kekurangan, diantaranya:
1.      Mudah terpeleset
Batuan marmer memiliki permukaan yang halus dan licin. Permukaan tersebut akan menjadikan marmer sebagai bahan yang mudah menggenlincirkan. Oleh karena itu, jika memang ingin menjadikan marmer sebagai bahan pelapis lantai di rumah, selalu berhati-hatilah agar tidak mudah terpeleset atau tergelincir.
2.      Perawatan ekstra
Batu marmer yang berkualitas tinggi tidak membutuhkan perawatan yang ekstra atau yang berlebihan. Berbeda dengan batu marmer yang kualitasnya menengah hingga rendah. Akan dibutuhkan banyak perawatan ekstra, karena marmer yang tidak dirawat dengan maksimal akan lebih mudah kotor, kusam, dan permukaannya tergores. Apalagi jika alat untuk membersihkan marmer tidak tepat. Maka, marmer, terutama yang berkualitas rendah, akan mudah tergores dan kusam.
3.      Harga yang mahal
Harga marmer memang terbilang mahal, karena marmer memang merupakan jenis baruan alami yang terbentuk secara langka. Marmer yang berkualitas tinggi memang memiliki harga yang sangat mahal. Namun ada juga marmer-marmer berkualitas lebih rendah yang harganya tidak semahal marmer kualitas tinggi. Namun marmer kualitas menengah hingga rendah perlu diberi lapisan khusus untuk mengkilapkan dan untuk mencegah adanya kotoran yang menyerap ke dalamnya.
4.      Sulit diperbaiki
Jika marmer pecah, retak, atau tergores dengan cukup dalam, maka permukaan marmer tidak akan indah lagi. Selain itu, marmer yang sudah cacat secara fisik cenderung lebih sulit untuk diperbaiki. Namun, bukan berarti marmer tidak bisa diperbaiki. Ada beberapa teknik perbaikan marmer yang bisa dilakukan, namun mungkin harga untuk memperbaikinya juga tidak murah. Selain itu dibutuhkan tenaga yang benar-benar ahli dan berpengalaman agar strukrur fisik marmer tidak semakin rusak dan tergores.
5.      Mudah menyerap noda
Karakteristik fisik marmer yang juga merupakan kekurangan bahan marmer, terutama untuk marmer berkualitas menengah hingga rendah adalah kemampuannya untuk menyerap air. Marmer yang mudah menyerap air juga akan mudah menyerap noda cair. Jika noda cair terserap dan tidak segera dibersihkan, maka marmer akan memiliki noda bercak yang sulit dihilangkan.

Demikianlah keunggulan rumah menggunakan batu marmer untuk lantai serta kekurangannya. Semoga bermanfaat.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Hubungi Kami