9 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia - Manfaat Marmer, Manfaat Granit, Jual Marmer Granit, Marmer Teras, Granit Teras, Lantai untuk Marmer

9 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

Manfaat marmer dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali. Hal ini berkaitan dengan sifat marmer yang mudah diolah menjadi banyak benda yang berguna. Ada banyak bidang yang menggunakan marmer sebagai bahan utamanya. Berikut ini beberapa manfaat marmer untuk manusia yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari.
Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-hari
  1. Bahan bangunan
Marmer sebagai bahan bangunan sudah dipergunakan sejak lama oleh manusia. Bahkan banyak bangunan kuno di Eropa yang menjadikan marmer sebagai bahan utamanya. Saat ini, batu marmer ini biasa digunakan sebagai bahan penutup lantai. Selain itu marmer juga sering dijadikan bahan penutup dinding, baik interior maupun eksterior. Marmer jika digunakan sebagai bahan bangunan bukan hanya berguna sebagai bahan penutup saja, melainkan juga sebagai bahan dekoratif yang baik. Marmer bisa diletakkan di interior maupun eksterior rumah karena memiliki masa pakai yang tahan lama, mudah dibersihkan, dan memiliki tampilan yang mewah. Selain itu, batuan alami ini akan memberikan kesan yang sejuk dan dingin.
  1. Bahan estetika
Marmer sebagai bahan estetika adalah manfaat marmer untuk rumah yang memang sudah digunakan sejak dahulu kala. Marmer bisa digunakan sebagai perabot maupun bahan penghias rumah lainnya seperti lampu, jendela, meja, atau bahan-bahan hiasan lainnya seperti guci, vas, atau bahkan patung. Hal ini dilakukan karena marmer mudah dipahat. Selain itu bahan marmer yang tembus cahaya akan memberikan sifat yang cemerlang dan unik. Banyak juga seniman pahat yang menggunakan marmer sebagai bahan utamanya untuk membuat patung dan sebagainya.
  1. Pupuk
Manfaat marmer untuk kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui adalah sebagai pupuk. Marmer yang dipanaskan ternyata dapat membuang zat-zat buruk seperti karbon dioksida di dalamnya. Sisa bahan marmer yang dipanaskan hanya kalsit atau kalsium bikarbonat. Kalsit ini biasanya juga digunakan dalam bidang pertanian. Fungsinya adalah untuk mengurangi sifat asam pada tanah. Hal ini akan menciptakan kondisi tanah yang sehat dan sesuai dengan pH lingkungan yang diinginkan tanaman.
  1. Bahan pewarna
Marmer juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna. Marmer yang berwarna putih sering digunakan sebagai bahan baku produk kapur sirih. Kapur sirih ini sendiri merupakan serbuk putih yang fungsinya adalah untuk menjadi bahan pengisi dalam cat, kertas, dan bahan lainnya. Hal ini bisa dilakukan karena marmer memiliki sifat sebagai pengikat pigmen atau zat yang memiliki kemampuan untuk menyimpan warna-warna bahan agar warnanya lebih tahan lama.
  1. Batu nisan
Selain cocok untuk bidang konstruksi dan arsitektur, keistimewaan marmer juga sering menjadikan orang memakainya sebagai batu nisan. Hal ini dilakukan karena marmer adalah jenis batuan yang sangat mudah dipotong, juga diukir. Selain itu jenis batuan marmer ini lebih tahan terhadap zat asam, curah hujan yang tinggi, dan memiliki kekuatan yang baik jika dibandingkan dengan jenis batuan lain yang lebih mudah berlumut. Hal ini menjadikan marmer cocok untuk diletakkan di luar ruangan sebagai penanda makam atau batu nisan yang diukir.
  1. Menetralkan asam
Marmer mengandung kalsit atau kalsium karbonat. Kalsit ini sendiri bisa digunakan untuk menetralisir asam. Marmer yang memiliki kualitas tinggi bisa dihancurkan menjadi serbuk atau bubuk. Ternyata serbuk marmer tersebut sering dijadikan bahan utama obat-obatan untuk mengatasi gangguan lambung karena asam lambung yang tinggi. Selain itu marmer bubuk juga bisa mengurangi keasaman di dalam tanah atau sungai yang tercemar hujan asam.
  1. Pakan ternak
Kegunaan batu marmer yang juga jarang diketahui banyak orang adalah sebagai bahan tambahan dalam pakan ternak. Ternak yang dimaksud adalah sapi perah dan juga ayam petelur. Ternak itu membutuhkan asupan kalsium yang tinggi agar bisa menghasilkan susu atau telur. Marmer bubuk mengandung kalsium yang tinggi. Tidak heran jika marmer sering dijadikan bahan baku tambahan kalsium bagi hewan ternak agar bisa lebih menghasilkan susu dan telur yang baik.
  1. Terapi penyakit
Batuan marmer juga bisa dijadikan bahan terapi untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Batu marmer bisa berlaku sebagai dekongestan yang bisa membantu meredakan pembengkakan. Marmer juga bisa memperlancar aliran darah. Ada beberapa terapi penyakit tertentu yang menggunakan marmer sebagai alat terapi untuk mengurangi penyempitan rongga tubuh, mengurangi radang, mengurangi rasa sakit, bahkan mengurangi warna gelap pada kulit.
  1. Bahan pembersih
Batu marmer yang terbentuk dari kalsium bikarbonat juga bisa dihunakan sebagai bahan dasar pembuatan cairan pembersih. Cairan pembersih yang dimaksud adalah cairan pembersih kamar mandi dan dapur. Hal ini dilakukan karena sifat lembut dai batuan marmer. Kelembutan ini tidak akan menimbulkan goresan-goresan yang akan merusak bahan-bahan porselin maupun keramik.

Itulah 9 manfaat marmer dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan wawasan tambahan.

About Us

PABRIK MARMER

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Hubungi Kami